Cara merawat Camera Digital Dan Camera Video Lengkap

1. Cara merawat Camera Digital 



Cara merawat camera


Data Secara Lengkap Cara Memberihkan Camera Dan Contoh Alat

a. Jika kamera tidak sengaja terkena/terendam air laut, bilaslah terlebih dahulu dengan air tawar, lalu keringkan. Air laut mengandung kadar garam yang bisa membuat badan dan bagian dalam kamera berkarat.

b. Bersihkan camera secara teratur menggunakan blower  khusus kamera ynag dapat anda beli di toko kamera

c. Jangan mengelap kamera menggunakan tissue biasa, Hal ini disebabkan coating pada lensa lepas dan serbuk-serbuk tissue akan menempel, serta membuat lensa semakin kotor. Sebaiknya gunakan kain halus untuk mengelap lensa seperti lap kacamata atau tissue khusus lensa

d. Bersihkan body camera dengan menggunakan kuas halus.

e. Jangan simpan kamera dilemari pakaian, eak buku, atau tempat yang lembap. Simpan kamera di tempat yang kering dan sejuk. Jika memungkinkan, belilah bok's atau lemari khusus untuk menyimpan kamera, atau simpanlah di lemari kaca atau kayu, atau toples kaca bersih, dan taruhlah beberapa Silica gel

f. Jika telah menggunakan kamera dan ingin menyimpannya, copotlah batrai dari dalam kamera untuk mengindari beterai bocor dan simpan terpisah dari camera.

g. Baterai akan mudah rusak jika diguanakan di tempat yang dingin, jika anda berada di tempat dingin, janganlah biarkan batrai ada di dalam kamera. jika sedang tidak digunakan, simpanlah batrai di dalam kantong.

h. Jauhkan kamera dari sinar matahari langsung yang dapat merusak bagian yang terbuat dari plastik dan karet.

i. Jauhkan kamera dari kapur barus atau pengharum ruangan, hal ini dapat merusak Chip kamera dan menimbulkan flek (bercak) paad lensa.

j. Jagalah camera dari goncangan yang berlebihan. jangan lupa menyimpan kamera di dalam tas khusus kamera untuk menghindari goncangan dengan lingkungan luar atau benturan antara peralatan. simpanlah kamera di tempat yang aman dan tahan terhadap air.

2. Cara Merawat Camera Video

a. Melindungi lensa, Lensa merupakan bagian terpenting dari sebuah kamera video serta yang paling mahal, jika lensa rusak, anda akan menghabiskan begitu banyak uang untuk memperbaikinya. Bahkan kadang - kadang cukup membeli kamera video yang baru. Karena itu penting sekali tutup untuk melindungi bagian ini.

b. Ketika menyimpan kamera pastikan tidak ada benda yang dapat menggores lensa, Kebanyakan kamera video yang dijual saat ini memiliki kompartemen khusus untuk lensa. Lensa model lama memiliki tutup yang akan melindungi dari goresan

c. ketika memegang kamera, pastika tidak loop tali terpasang ditangan atau leher anda. Ini adalah tindakan pencegahan keamanan jika anda secara tidak sengaja menjatuhkan kamera.

d. Jangan tinggalkan kaset di dalam camcorder anda saat tidak digunakan. kaset dapat menyebabkan gesekan dan hal ini bisa mengakibatkan masalah pada proses merekam dan memutar

e. Jangan memasukan kaset video ke dalam camrecorder sebelum kondisi kaset benar-benar dingin. pelembapan dari udara yang hangat dapat membuat kaset menempel pada bagian drum sehingga merusak kaset dan dapat merusak video head.

f. Jangan meninggalkan batrai di dalam camcorder saat tdiak digunakan. Beberapa kamera manarik energi batrai dalam jumlah kecil, namun konstan, sehingga dapat menghabiskan batrei.

g. Jangan meninggalkan kaset camcorder di dalam mobil yang terkena udara panas.

h. jangan menaruh lebel pada kaset camcorder, label ini kemungkinan berlawanan dengan pembukaan pintu kaset. Hal ini dapat menyebabkan kaset menyangkut di dalam kamera.

i. Besihkan tape head saat kotor dengan kaset pembersih khusus yang dapat dibeli ditempat penjual kamera

j. Bersihkan lensa dengan menggunakan blower khusus kamera

nah itu saja dari saya semoga bermanfaat, dan terjaga pada kamera-kamera anda semua, sekian dan terimakasih

Sampai Jumpa

0 Response to "Cara merawat Camera Digital Dan Camera Video Lengkap"

Post a Comment

Silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan topik permasalahan