Cara membersihkan kamera digital dari debu dan jamur

Kamera poto digital merupakan perangkat perekam gambar yang menyimpan data gambar dalam format digital ( perangkat digitizer ) dengan kemampuan mengambil input data analog berupa frekuensi sinar dan mengubahnya ke bentuk mode digital elektronis.
Membersihkan kamera digital

A. Untuk membersihkan bagian luar lensa, tidak dibutuhkan alat khusus, cukup dengan lap bersih seadanya. Hanya saja, kita harus memastikan bahwa alat pembersih tersebut bebas dari kotoran, lembut, dan kering




B. Untuk bagian lensa, kita memerlukan pembersih yang harus dibeli khusus. Urutan membersihkan lensa yaitu bersihkan debu yanh menempel terlebih dahulu dengan blower, carilah blower berukuran sedang atau kecil, kemudian embuskan nafas anda ringan pada lensa, kemudia bersihkan dengan kuas halus.




C. Untuk sekadar memberi kelembapan, terakhir usaplah lens glass tersebut dengan kain mikrofiber.




D. Bersihkan bagian sensor kamera dari debu dengan menggunakan kuas halus yang kecil.




E. Lensa dapat berjamur jika jarang digunakan. Jika kita mempunyai banyak stok lensa, akan lebih baik jika menyimpanya di ruangan yang terlindung dari debu. Hal itu bisa kita tempuh dengan menggunakan ruangan kaca, seperti akuarium atau memasang lampu yang bercenderung hangat untuk sekadar menjaga suhu supaya jamur tidak mudah berkembang biak pada ruang kaca yang telah kita siapkan khusus tadi.




F. Jika kita punya banyak lensa, tentu akan sangat tepat jika kita membeli dry box dengan silica gel didalamnya. Silica gel akan menjaga kadar kelembapan. Untuk mengukur kadar kelembapan yang cukup baik adalah 30% - 50% agar jamur tidak berkembang biak di lensa. Silica gel sekarang juga tersedia dalan bentuk recharge melalui sambungan listrik, sehingga lebih praktis.




G. Jika dibutuhkan, cairan pembersih lensa khusus dapat digunakan untuk membersihkan kotoran lensa yang agak membandel. Jangan meneteskan cairan langsung pada lensa. Teteskan pada lens paper terlebih dahulu, lalu usap secara perlahan di area yang ingin di bersihkan.

H. Jangan menggunakan lens paper berulang-ulang, karena debu yang dibersihkan akan menempel, kemudia lens cleaning paper akan mempunyai sifat yang abrasif.



Nah itu saja infonya semoga bermanfaat buat kita semua, semoga kamera yang anda pakai sehat selalu..
Jan lupa like, coment and sharenya

Sampai jumpa

0 Response to "Cara membersihkan kamera digital dari debu dan jamur"

Post a Comment

Silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan topik permasalahan